15 Manfaat Kulit Kentang Rebus Yang Tinggi Serat

Posted on

Kebiasaan masyarakat Indonesia yaitu mengupas kentang sebelum diolah menjadi materi makanan.

Hal ini dikarenakan memang kentang yang biasanya dijual di pasar tradisional kulitnya sangat kotor dan penuh dengan tanah sehingga cara mudah untuk memprosesnya untuk mendapat manfaat kentang bagi kesehatan secara optimal yaitu dengan mengupasnya. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak sekali manfaat kulit kentang untuk kesehatan?

Apa Itu Kentang?

Kentang di Eropa merupakan kuliner pokok sementara di Indonesia yang lebih banyak didominasi masyarakatnya mengkonsumsi nasi sebagai kuliner pokok sering menjadikan kentang sebagai alternatif kuliner pokok ataupun justru dipakai sebagai aksesori lauk untuk dikonsumsi bersama nasi.

Manfaat Kulit Kentang Rebus Yang Tinggi Serat
Manfaat Kulit Kentang Rebus Yang Tinggi Serat

Dari segi dosis gizi mengkonsumsi nasi dan kentang berarti mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar tapi sudah lumrah menemukan kentang dalam sup sayuran yang dikonsumsi Bersama nasi.

Manfaat Kulit Kentang Rebus

Orang Indonesia tahu betul manfaat makan kentang rebus juga biasanya dikonsumsi bersama somai, batagor, gado-gado dan masih banyak lagi kuliner khas Indonesia lainnya yang juga memakai kentang rebus.

Namun kebanyakan memang semuanya dijasikan dengan kentang yang sudah dikupas kulitnya. Tahukah Anda bahwa di luar negeri sangat lumrah menemukan kentang dimasak pribadi dengan kulitnya lantaran memang banyak sekali kandungan manfaat kulit kentang bagi kesehatan.

    1. Tinggi Kandungan Serat

Ternyata tanpa Anda sadari saat mengupas kulit kentang, Anda sudah membuang sumber serat yang sangat tinggi di kentang yang tidak bisa didapat dibagian manapun.

    1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Karena tinggi serat, manfaat serat untuk kesehatan tubuh yang paling utama yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat tidak sanggup diserap oleh tubuh tapi mempunyai fungsi penting yaitu mengikat zat sisa yang terdapat dalam sistem pencernaan untuk lalu dibawa keluar untuk dibuang.

    1. Dapat Membantu Mengurangi Berat Badan

Salah satu fungsi serat lainnya yaitu untuk mengurangi berat badan. Serat akan mengikat lemak berlebih yang tidak diperlukan oleh tubuh untuk lalu dikeluarkan dari sistem metabolisme.

    1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika tubuh bebas lemak berlebih maka jantung sanggup bekerja secara optimal. Selain itu beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa terdapat senyawa mineral yang sanggup memperlancar peredaran darah yang terdapat pada kulit kentang.

    1. Kaya Kandungan Vitamin C

Tidak disangka ternyata kulit kentang juga kaya akan manfaat vitamin C. Fungsi vitamin C sendiri sangat majemuk dan krusial dalam sistem metabolisme manusia.

    1. Mengoptimalkan Penyerapan Nutrisi

Salah satu fungsi utama vitamin C untuk sistem metabolisme yaitu mengoptimalkan perembesan nutrisi dengan begitu semua nutrisi yang terdapat dalam kuliner akan diserap secara optimal.

    1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Jangan remehkan kulit kentang untuk kesehatan kulit. Jika Anda tidak ingin mengkonsumsinya, kulit kentang juga bisa dipakai sebagai masker untuk menjaga kesehatan kulit.

    1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Mengapa kulit kentang baik untuk kesehatan kulit lantaran selain kaya kandungan vitamin C, kulit kentang juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

    1. Dapat Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Apakah Anda mempunyai duduk perkara dengan mata panda setiap hari padahal Anda sudah merasa tidur dengan cukup? Jangan khawatir, Anda bisa menghilangkan sembab di mata Anda dengan memakai kulit kentang.

    1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik tapi ternyata kulit kentang juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

    1. Mengatasi Hipertensi

Kandungan mineral yang terdapat pada kulit kentang juga sanggup mengatasi hipertensi atau darah tinggi. Itu artinya, hanya dengan mengkonsumsi kentang sekaligus kulitnya Anda sanggup mengurangi risiko beberapa penyakit kronis menyerupai serangan jantung dan stroke.

    1. Menurunkan Stress

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kulit kentang juga mengandung senyawa yang menenangkan. Itu artinya mengkonsumsi kulit kentang juga sanggup membantu menurunkan kadar stress.

    1. Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Para penderita diabetes harus membatasi konsumsi karbohidrat dan kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat. Mengkonsumsi kentang dengan kulitnya justru disarankan untuk penderita diabetes lantaran kandungan serat, vitamin dan mineralnya sanggup menetralisir karbohidrat berlebih yang sanggup mensugesti kadar gula darah.

    1. Meningkatkan Sistem Imun

Karena tinggi kandungan dan manfaat antioksidan serta vitamin C-nya maka sanggup disimpulkan ternyata kulit kentang juga sanggup membantu meningkatkan sistem imun dan menciptakan Anda tidak gampang jatuh sakit.

    1. Mengandung Anti Inflamasi

Beberapa orang juga sering memakai kulit kentang untuk mengatasi nyeri otot lantaran ternyata kulit kentang mengandung kandungan anti inflamasi yang cukup paten.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa banyak sekali manafat kulit kentang rebus bagi kesehatan terutama bagi Anda yang mengkonsumsi karbohidrat berlebih, kandungan serat pada kulit kentang sangat baik untuk menetralisirnya. Namun perlu diingat bahwa bila ingin mengkonsumi kulit kentang sebaiknya pastikan bahwa kulit kentang sudah benar-benar higienis lantaran bila tidak higienis justru sanggup menjadikan banyak sekali macam duduk perkara kesehatan yang disebabkan oleh cacing, kuman bahkan virus yang masih melekat di kulit kentang.